Senin, 13 April 2009

NASIONALISME ATAS NEGERI INI...?




Mengapa saya memilih kata-kata diatas?..implikasinya agar kita selalu bertanya kepada diri kita sendiri..apakah kita masih perlu memupuk rasa nasionalisme pada diri kita ini ?..perlukah ?..Nasionalisme yang bagaimana ?
Mari kita diskusikan...apakah Nasionalisme bersepadan dengan loyalitas ?..tentunya hal ini kembali kepada masing masing individu yang menginterpretasikannya.
Apabila kita sedikit menengok ke belakang, mundur terus pada masa masa sebelum terbentuknya negeri ini, masa dimana berpuluh-puluh tahun silam keberadaan kerajaan di Nusantara ini yang sudah sedemikian maju dan termashur.
Para nenek moyang kita bercerita bagaimana Kerajaan Majapahit dengan luas cakupan wilayahnya, Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Mataram dan masih banyak lagi kerajaan kerajaan kecil yang merupakan unsur bagian dari negeri kita ini.

Negeri yang gemah ripah loh jinawi, kertaraharja tata tentrem. Sadarkah kita akan potensi negeri kita ini membuat para penjajah mati matian untuk mempertahankan penjajahan atas negeri kita ini..?


Sayang sekali, semakin berjalannya waktu dan semakin majunya jaman banyak para pemimpin negeri ini yang tidak bisa memanfaatkan potensi negeri kita ini.


Mereka cenderung memperlakukan potensi negeri ini dengan jalan pintas dan untuk kepentingan golongan mereka saja, alangkah naifnya manakala negeri yang sangat kaya ini namun masih banyak terdapat kemiskinan dimana-mana.


Bila kita berbicara mengenai pengelolaan potensi negeri ini, sedikit kita undurkan ingatan kita akan tokoh negeri ini, pendiri negeri ini dan pemersatu negeri ini.. SOEKARNO..


Sosok pemimpin negeri kita yang merintis dan membuat landasan pengelolaan negeri kita secara mandiri tanpa tergantung kepada pihak luar. disitu kita lihat bagaimana seorang Soekarno yang membangun negeri ini dengan berprinsip kemandirian. Bagaimana dia sampai membuat proyek proyek mercusuar yang membuat negeri kita semakin ditakuti.


Bila kita tarik benang merah, adalah bagaimana sebenarnya memperlakukan potensi yang ada di negeri kita ini dengan cara mengexplorasinya secara mandiri dan kalaupun kemampuan untuk itu masih terbatas, minimal konsep pembagian haruslah bertumpu pada kemajuan negeri kita.

1 komentar: